Google Menyambut Hari Batik

diposting oleh mr jarkoni on Kamis, 02 Oktober 2014

Beginilah cara Google menyambut Hari Batik. Pada halaman pertama saat kita membuka www.google.com kita langsung disuguhi gambar enam orang yang mengenakan pakaian batik seperti gambar dibawah ini.

sumber gambar : www.google.com

Memaknai hari batik nasional 2 Oktober, kita sebagai bangsa yang besar perlu berbangga, meng-apresiasi, serta turut melestarikan warisan budaya luhur nenek moyang. Batik, sudah tak bisa dibantah oleh siapa saja bahwa batik merupakan warisan asli bangsa Indonesia. Beberapa bukti sejarah seperti prasasti lontar, maklumat raja, ensiklopedia, foto-foto kenegaraan, banyak menjelaskan soal batik sebagai keaslian Indonesia.

Dari artikel yang berasal dari www.undip.ac.id Batik, Identitas bangsa sejak Prasejarah dituliskan, Gagasan munculnya batik Indonesia diprakarsai oleh Ir. Soekarno pada tahun 1950, presiden pertama Republik Indonesia, yang menginginkan adanya batik yang menampilkan nilai seni budaya sebagai jatidiri bangsa sekaligus menyimbolkan pesan persatuan Indonesia. Sehingga batik pada masa yang akan datang tidak dikenal sebagai batik yang berasal dari daerah tertentu, tetapi batik yang mencerminkan persatuan Indonesia"

Bukti yang lebih lampau lagi berkat tulisan Sir Thomas Stamford Raffles dalam buku History of Java, 1817. Kita tahu, Raffles sempat menjadi Gubernur Inggris di Jawa. Selain teknik membatik, Raffles juga menguak Borobudur yang sempat 'hilang'.

Batik juga semakin menarik minat masyarakat barat karena seorang saudagar Belanda Van Rijekevorsel, memberikan selembar batik yang diperolehnya saat berkunjung ke Indonesia ke Museum Etnik di Rotterdam pada tahun 1873. Maka saat dipamerkan di Exposition Universelle di Paris pada tahun 1900, batik Indonesia memukau publik dan seniman.

batik dengan pewarna tanaman mangrove. Semarang

Peran pemimpin negara juga sangat mempengaruhi kemasyuran batik seperti yang dilakukan Presiden Soeharto. Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh mantan Presiden RI, Soeharto, yang kala itu memakai batik di Konferensi PBB bersama negara-negara lain. Batik juga pernah digunakan oleh tokoh-tokoh dunia, seperti Nelson Mandela, Barack Obama, Zinedine Zidane, Christiano Ronaldo (CR7) dan Bill Gates ketika bertandang ke Indonsia.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar